Saturday, February 20, 2016

Kuliah Jurusan Apa? Teknik Kimia Aja!


Alhamdulillah, buku ini sudah terbit sejak November 2015...

Buku ini merupakan satu dari rangkaian judul seri “Kuliah Jurusan Apa?” yang diterbitkan Gramedia Pustaka Utama. Penulisan buku ini berawal dari peluang yang ditawarkan Agensi Naskah Indscript Creative, untuk menuliskan buku-buku tentang bagaimana kuliah di perguruan tinggi. Gayung bersambut, sudah lama saya dan beberapa teman punya ide menulis buku tentang Teknik Kimia untuk orang awam. Dan buku ini pun didasari kegalauan saya, karena masih banyak orang yang mengira Teknik Kimia itu hanya berkutat di bidang ilmu kimia dan laboratorium. In fact, Chemical Engineering is much more fun and interesting!

Kenapa di buku ini saya kembali menggunakan nama asli saya? Yes, it’s still a matter of "Personal Branding". Walaupun nama “Arini Tathagati” awalnya digunakan untuk branding buku-buku craft dan traveling, tapi Teknik Kimia is always be part of my life, jauh sebelum saya tergila-gila dengan handicraft, dan jauh sebelum saya mendalami genre travel writing. Dengan memakai nama asli, saya tidak hanya memperkenalkan kepada publik mengenai latar belakang pendidikan saya. Lebih dari itu, branding saya akan diperkuat oleh para civitas akademika Teknik Kimia, termasuk bapak-ibu dosen, para alumni, dan rekan-rekan yang dulu sama-sama kuliah bersama saya.

Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Teh Indari Mastuti dan Mbak Chika Ananda atas dukungan mereka sehingga buku ini bisa terwujud. Terima kasih saya sampaikan juga kepada kedua orang tua saya yang mengilhami saya untuk menempuh kuliah di Teknik Kimia. Saya sampaikan juga terima kasih kepada komunitas Teknik Kimia ITB atas sambutannya yang hangat dengan terbitnya buku ini. Semoga buku ini bisa bermanfaat memberikan gambaran bagaimana kuliah di Program Studi Teknik Kimia, khususnya bagi adik-adik calon lulusan SLTA yang sedang galau dalam memilih program studi untuk pendidikan yang lebih tinggi.

Yang ingin beli buku ini tapi belum sempat ke Gramedia, bisa beli secara online di sini. Kalau yang ingin beli e-booknya, bisa langsung klik Scoop. O ya, buku ini juga sudah ada di Amazon.com, jadi bagi teman-teman di luar Indonesia yang memerlukan buku ini, silakan klik di sini.

2 comments:

Willova said...

Apapun jurusannya,sesuaikan dengan passionmu. Biar selalu menjalani dengan enjoy, dan nggakada yang namana salah pilih jurusan

Unknown said...

Hidup teknik kimia, kebetulan says juga jurusan teknik kimia, heheee

by www.mydaypack.com