Monday, November 04, 2013

Bung Karno Sang Singa Podium


Alhamdulillah, buku ketiga saya akhirnya terbit!

Ternyata saya tak perlu menunggu hingga 5 tahun lagi untuk menerbitkan buku ketiga. Buku "Bung Karno Sang Singa Podium" terbitan Second Hope ini terbit hanya berselang 7 bulan sejak "Travel Writing 101" diterbitkan oleh Elex Media Komputindo.

Penulisan buku ini agak unik, karena berawal dari sebuah peluang yang ditawarkan Agensi Naskah Indscript Creative untuk menulis buku biografi dengan tema pidato Bung Karno. Saya penggemar Bung Karno (namun saya merasa belum pantas disebut sebagai "Sukarnois"), dan bagi saya hal ini adalah salah satu modal utama saya memberanikan diri mengambil peluang yang menurut saya cukup "berat" ini. Sedemikian beratnya topik ini, sehingga saya membutuhkan waktu cukup lama untuk melakukan riset hingga menghasilkan buku setebal 423 halaman ini.

Banyak pertanyaan, mengapa saya menggunakan nama pena "Rhien Soemohadiwidjojo" untuk buku yang satu ini, kenapa saya tidak menggunakan nama asli saya? It's just a matter of "Personal Branding". Semula saya bercita-cita punya personal branding sebagai handicraft lover, yang mempunyai toko online handicraft dan rajin menulis buku-buku handicraft. Namun karena kesibukan pekerjaan di kantor, personal branding saya sebagai handicraft lover ternyata tak berkembang. Belakangan, ternyata personal branding saya lebih kuat sebagai tukang jalan-jalan yang banyak menghasilkan artikel wisata, sehingga saya mencoba mengembangkan personal branding seorang Arini Tathagati sebagai travel writer. Lalu, bagaimana rencana branding awal saya sebagai handicraft lover? Memang sudah terlanjur nama "Arini Tathagati" digunakan untuk menulis buku handicraft, tapi tidak masalah, karena saya masih akan mempertahankan brand handicraft lover tersebut.

Akan tetapi, buku "Bung Karno Sang Singa Podium" ini genrenya sangat berbeda dengan "handicraft lover" dan "travel writer". Saya tidak ingin brand "Arini Tathagati" menimbulkan kerancuan, sebenarnya "Arini Tathagati" itu penulis handicraft, penulis travel, atau penulis buku sejarah? Untuk itulah saya memilih nama pena "Rhien Soemohadiwidjojo" untuk buku-buku ini, serta buku-buku "berat" lain yang (mudah-mudahan) akan saya tulis. Soemohadiwidjojo adalah nama kakek saya, dan penggunaan nama ini adalah sebagai penghormatan kepada almarhum kakek saya yang merupakan penggemar berat Bung Karno. Dapat saya ceritakan juga, sebagian besar referensi yang saya gunakan untuk penulisan buku "Bung Karno Sang Singa Podium" ini adalah buku-buku Bung Karno miliki kakek saya.

Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Teh Indari Mastuti dan Mbak Anisa Januwarti atas dukungan mereka sehingga buku ini bisa terwujud. Terima kasih saya sampaikan juga kepada Bapak Roso Daras dan Kang Asep Kambali dari Komunitas Historia Indonesia yang telah berkenan memberikan endorsement pada buku ini. Saya berharap buku ini bisa memberikan kontribusi bagi para penggemar sejarah mengenai nilai-nilai nasionalisme yang pernah disampaikan Bung karno melalui pidato-pidatonya.

6 comments:

hendrat yuswito said...

mbak.. dmna sy bisa dapet buku ini ya? order online barangkali ...

sy jg penggemar berat...

hendrat yuswito said...

dimana ya mbak sy bisa dapat buku ini? terlebih bisa beli secara online ...

sy penggemar berat Bung Karno...

@tathagati said...

Pak Hendrat, buku ini bisa diperoleh di Gramedia terdekat. Untuk beli online, kelihatannya malah tidak ada. Tapi kalau di Gramedia tidak ada (mungkin sudah habis stoknya), nanti saya bantu carikan ke distributor.

hendrat yuswito said...

betul mbak Arini..kalau perlu saya beli dari mbak saja..atau info dimana saya bisa mendapatkannya. dan kalau ada buku2 lain tentang Bung Karno, referensi dari mbak, apalagi kakek punya referensi yg bagus..pasti sangat berharga bagi saya..

@tathagati said...

Pak Hendrat, untuk pembelian buku, saya lanjutkan di Google+ ya... Untuk rekomendasi buku-buku bagus, hampir setiap bulan keluar buku baru tentang Bung Karno. Di antara buku-buku tersebut, yang menurut saya bagus adalah yang ditulis bapak Roso Daras, seorang Sukarnois. Kalau referensi punya kakek saya, tiada lain tiada bukan adalah Bung Karno Penjambung Lidah Rakjat Indonesia edisi 1.

Unknown said...

Salam.. dirumah saya ada buku DBR jilid pertama, cetakan ke-3. thn 1964. saya mau jual. harga nego. hub 0878 8565 7017. trims