Sunday, May 16, 2010

Berburu Lokasi Training Outdoor




Beberapa waktu yang lalu, kami dapat permintaan untuk membuat training tapi nggak mau di ruang kelas, tapi syaratnya jangan di luar kota, supaya memudahkan peserta untuk datang sendiri ke lokasi training. Jadi kami harus survey ke beberapa lokasi di dalam kota Jakarta yang memungkinkan untuk outdoor training, dengan syarat lokasinya masih di dalam kota Jakarta dan cukup nyaman untuk digunakan sebagai lokasi outing training.

Pemberhentian pertama : Kebun Binatang Ragunan. Kenapa kebun binatang? Soalnya kliennya mengajukan syarat, mintanya temanya alam, jadi berhubung saya tahu banyak orang pernah bikin acara di kebun binatang baik indoor maupun outdoor, jadi saya survey ke sana untuk tahu bagaimana prosedurnya kalau mau sewa ruangan dan menggunakan lahan untuk kegiatan outing training. Well, nggak susah juga, datang aja ke Kantor Rekreasi, nanti di sana ada petugas yang sangat ramah yang membantu menjelaskan prosedur dan biaya-biaya yang dikenakan selama sewa tempat di wilayah Kebun Binatang. Masalahnya cuman satu : rupanya peminatnya sangat sangat banyak, jadi petugasnya sudah mewanti-wanti, kalau mau booking ruangan, harus segera di-DP, karena keburu dipakai sama orang lain.


Pemberhentian berikutnya : Bumi Perkemahan Ragunan. Mungkin nggak banyak yang ngeh bahwa di dalam kota, tepatnya di depan halte busway Deptan di jalur 6, tersembunyi sebuah lokasi camping yang luas dan cukup rindang. Waktu masuk ke sana untuk tanya prosedur pemesanan, petugas yang ada juga cukup ramah dan sangat informatif, hanya saja di sana tidak ada ruangan tertutup yang bisa di sewa (padahal saya butuh ruangan tertutup, karena kita mau memasang "layar tancap"...), adanya aula terbuka. Hmmm... kalau mau training yang full outdoor sih kaya'nya boleh juga tuh dipertimbangkan, biayanya gak mahal kok...


Pemberhentian terakhir : Situ Babakan di Jagakarsa. Rasanya hampir tiap minggu kami lewat Jl. Jagakarsa dan melihat papan petunjuk jalan ke arah Situ Babakan, tapi kok nggak pernah keliatan danaunya bentuknya seperti apa. Akhirnya, setelah meluangkan waktu (dan meneguhkan niat), kami mencoba melihat sendiri seperti apa kondisi Situ Babakan. Begitu melihat tempatnya, untuk jadi tempat piknik ternyata menyenangkan (bayangkan, ada danau yang begitu luas dan rimbun di tengah kota Jakarta! Mmm... not really di tengah kota, tapi di tengah pemukiman, karena danaunya ada di balik rumah-rumah penduduk), tapi untuk tempat training outdoor, rupanya kurang representatif...


Well... sekarang tergantung kliennya, mau di mana. Kalau nggak mau di salah satu tempat di atas, kita ke Cibubur aja... :)

No comments: